Proses Terjadinya Menstruasi & Pengertian Siklus Haid

Proses menstruasi adalah proses yang penting bagi setiap perempuan yang menandakan bahwa perempuan tersebut telah memasuki masa siap reproduksi.

Dimulai dari masa remaja hingga berakhir di masa menopause, menstruasi akan berlangsung setiap bulan kecuali pada masa hamil dan beberapa bulan pasca persalinan.

Menstruasi

Menstruasi

Menstruasi sendiri merupakan proses pengeluaran gumpalan darah dan sisa peluruhan dinding rahim yang normal nya terjadi sekitar 5 sampai 7 hari.

Sedangkan lama dari akhir menstruasi atau haid ke haid berikutnya sekitar rata-rata 28 hari, dan dikenal sebagai lama siklus haid.

Baik lamanya menstruasi maupun siklus haid sangat mungkin ber-variasi pada setiap perempuan, ada yang lebih lama dan ada pula yang lebih sebentar.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab perbedaan lama siklus haid tersebut, namun penyebab paling umum adalah faktor hormonal dari dalam tubuh.

Lalu, kenapa perempuan harus mengalami mestruasi?

Menstruasi dan Siklus Haid

Menstruasi adalah proses yang terjadi karena folikel yang menempel di dinding rahim mati akibat tidak adanya proses pembuahan. Masa tersebut dalam istilah medis dikenal sebagai fase luteal.

Setiap bulannya, pada fase ovulasi, sel-sel telur akan dilepas melalui permukaan ovarium.

Pada masa inilah seorang perempuan berada pada masa subur dan siap dibuahi.

Namun, jika tidak ada proses pembuahan yang terjadi pada fase tersebut, sel telur yang terbungkus didalam sel folikel berubah menjadi corpus luteum, atau folikel yang rusak dan kemudian kosong.

Maka terjadilah proses peluruhan folikel dan dinding ovarium yang keluar disertai dengan darah yang kita kenal sebagai proses menstruasi

Setelah selesai menstruasi, maka proses akan kembali ke awal dimana sel telur dipersiapkan di fase folikuler, dan dilepaskan di fase ovulasi.

Dengan demikian, menstruasi merupakan proses penting sebagai penanda organ-organ reproduksi bekerja secara normal, baik menstruasi yang teratur maupun menstruasi yang kurang teratur.

Selama masa menstruasi, akibat dari perubahan hormon, timbulah beberapa gangguan umum seperti keram, demam, jerawat, maupun gangguan emosional.

Hal tersebut normal terjadi selama tidak dirasa berlebihan.

Apabila anda merasakan gangguan kesehatan selama proses menstruasi yang terasa mengganggu, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan saran serta penanganan medis yang tepat