Fakta Seputar Obat Kumur Dengan atau Tanpa Alkohol

Penggunaan obat kumur yang digunakan setelah kita menyikat gigi pastinya bisa meningkatkan kebersihan rongga mulut dalam dan membantu mencegah terjadinya kerusakan gigi akibat sisa makanan yang tertinggal di lidah dan sela gigi dengan lebih baik.

Itulah alasan mengapa banyak orang merasa tidak cukup hanya menyikat gigi saja, namun juga membutuhkan produk obat kumur.

Namun taukah anda? obat kumur yang beredar di pasaran saat ini bisa dibagi kedalam 2 golongan, yaitu obat kumur yang mengandung alkohol dan obat kumur non alkohol, dimana di dalam komposisi produknya, tidak mengandung alkohol (0% alkohol)

Obat Kumur & Alkohol

Obat Kumur Tanpa Alkohol

Ya, sudah bukan rahasia lagi jika beberapa produk obat kumur atau mouthwash menyertakan alkohol kedalam komposisi produknya.

Tentunya bukan tanpa alasan.

Kandungan alkohol yang disertakan kedalam produk mouthwash sejatinya diyakini merupakan pembantu komposisi produk lainnya yang terkandung dalam produk obat kumur tersebut, seperti menthol, eucalyptol dan thymol, untuk meresap lebih baik kedalam lapisan gigi.

Walau pun ada manfaatnya, tentunya ada juga kekurangannya.

Alkohol yang terkandung di dalam produk mouthwash dapat menyebabkan produksi saliva atau air liur terhenti sementara, sehingga mulut terasa kering setelah kita berkumur menggunakan produk mouthwash ber-alkohol tersebut.

Apa efek dari terhentinya produksi air liur di dalam mulut?

Air liur atau saliva diproduksi secara otomatis oleh tubuh tentunya dengan memiliki manfaat, salah satu manfaat dari air liur adalah berfungsi sebagai pengontrol perkembangbiakan bakteri di dalam mulut, sehingga saat saliva mengering atau terhenti produksinya, pada saat itulah pertumbuhan bakteri sangat mungkin untuk meningkat, dan bakteri-bakteri tersebut lah yang menjadi penyebab masalah bau mulut.

Saya pribadi, lebih memilih menggunakan produk obat kumur tanpa kandungan alkohol.
Produk yang saya gunakan adalah Winz Mouthwash.

Anda, setelah membaca artikel ini, jenis produk obat kumur mana yang akan anda gunakan? obat kumur dengan alkohol atau obat kumur tanpa alkohol? tentunya kembali ke pertimbangan dan kecocokan masing-masing ya, semoga bermanfaat.