Harga Lebih Murah = Produk Palsu ? Ini Faktanya

Jika anda sering berbelanja produk kecantikan di tokopedia, anda mungkin akan menemukan satu produk sama yang dijual dengan harga berbeda-beda, bisa lebih mahal, ataupun lebih murah.

Lalu, apakah produk yang dijual dengan harga lebih murah menandakan produk tersebut tidak asli? KW atau imitasi? atau bukan jaminan? mari kita ulas.
Cream HN Murah
Gambar Hasil Search di Tokopedia.com
Catatan, ini tidak berlaku hanya di tokopedia saja, pengambilan gambar dan penyebutan tokopedia hanya ilustrasi pendukung artikel

Produk Sama, Harga Berbeda

Ada beberapa penyebab penjual menjual harga produk berbeda dengan harga jual umum, diataranya,

Penjual bukan tangan pertama

Dalam kasus ini, penjual membeli produk dari agen, atau bahkan mungkin membeli produk dari tangan ke tiga dimana harga telah beberapa kali dinaikan untuk mendapatkan laba penjualan.

Penjual melakukan mark up harga berlebih

Ini berlaku pada penjual yang memiliki promosi penjualan yang baik, artinya dia bisa sangat mudah menemukan calon pembeli.

Sah-sah saja memang, namun cara penjualan seperti ini hanya menghasilkan pembeli dan jarang menghasilkan pelanggan, walau tidak dapat dikatakan tidak mungkin, karena sangat mungkin ada saja pembeli yang berlangganan karena nyaman dengan sang penjual tanpa merisaukan masalah harga beli.

Penjual mengambil keuntungan yang tipis

Biasanya cara ini diterapkan pada penjualan produk MLM. Penting diketahui jika produk MLM dibeli oleh membernya dengan harga jauh lebih murah, itupun belum plus bonus yang didapatkan oleh member yang membeli produk tersebut.

Contohnya sebagai berikut, produk A memiliki harja jual normal Rp 100.000,-, dibeli dengan harga member Rp 75.000,- plus bonus Rp 1000,- yang diakumulasikan sesuai total belanja si member tersebut.

Tentu logika nya si member tersebut bisa menjual produk A tersebut dengan harga RP 100.000,- sesuai harga umum, mengurangi harga mendekati Rp 75.000,- untuk bersaing dalam hal harga walaupun mendapatkan laba yang tipis, atau bahkan lebih ekstrim lagi, menjual dengan harga member dengan keuntungan murni dari bonus Rp 1000,- yang terkumpul sesuai jumlah penjualan produk yang dia lakukan.

Metode penjualan seperti itu memang melanggar tata tertib program MLM yang dia ikuti, tapi kembali lagi tentunya ke cara penjualan yang dipilih oleh sang penjual.

Jadi, beli produk lebih murah tidak selalu berarti produk palsu, yang terpenting adalah ketahui ciri sebuah produk asli, dan pastikan produk yang kita beli atau dapatkan sesuai dengan ciri yang terdapat pada produk yang original, semoga bermanfaat.